Senin, 19 September 2011

Pengen Bisa Nulis HaNaCaRaKa di Komputer Kamu? Download font hanacaraka di sini!

Sebenarnya Keberadaan Font Aksara Jawa yang support Unicede sudah lama, namun baru kali in i saya bisa menulisnya dan membaginya bagi kalian semua yang tertarik untuk mencoba menggunakannya. Itung-itung melestarikan kebudayaan bangsa.

Selamat... ini adalah kata pertama yang harus saya ucapkan, karena ini adalah Font aksara Jawa pertama yang berhasil merender dengan sempurna berdasarkan paugeran coding dari Unicode 5.2. Walaupun masih memanfaatkan teknologi smartfont dari SIL Graphite yang masih terbatas penggunaannya, namung teknologi ini sudah diadaptasi dengan baik oleh sistem operasi Linux dan variannya. Sebenarnya dgn sistem operasi windows juga bisa tetapi perlu ditambahkan file library tambahan agar Font berhasil merender aksara Jawa dengan sempurna.

Nah Langsung saja kalau ingin mendapatkannya bisa langsung mengunjungi situs Resminya. Kalian bisa mengunduhnya. GRATISSSS KOK!!! di sana terdapat petunjuk nya juga, jadi selamat menikmati.

KLIK DI SINI

Sebenarnya Selain Font yang ini ada lagi Font lain yang sudah dikembangkan sehingga lebih memudahkan kalian dalam menggunakannya. Serta Ada konversinya aksara latin-Jawa; jawa-latin juga.

Untuk Konverter nya kalian bisa mendownloadnya Lewat Bog milik pengembangnya Klik di sini

Atau bisa mendownloadnya lewat Indowebster di sini


Nah Untuk Font Hanacaraka ini, seperti halnya Font2 yang lain.kalian tinggal menginstalnyya seperti font biasa. dan kalian pun siap menggunakannya.
mengunduh via indowebster, download

Tidak ada komentar: